Yang Perlu Diperhatikan dalam Perancangan Rumah Bertingkat

Rumah Bertingkat minimalis 2017Rumah bertingkat merupakan salah satu gambaran bahwa rumah tersebut tergolong dalam rumah mewah. Dapat dikatakan seperti itu. Itu hanya kesan yang ditimbulkan dalam hati setiap orang saja sebenarnya, padahal mereka tidak tahu saja bahwa rumah tingkat dua tidak selamanya merupakan bangunana rumah mewah. Gambaran rumah tingkat sebagai rumah mewah sudah ada sejak zaman dahulu. Namun saat ini, sebenarnya terkadang rumah dibangun bertingkat itu dengan suatu alasan tertentu seperti misalnya mereka hanya memiliki lahan yang sempit untuk membangun rumah, sedangkan, kebutuhan ruang yang mereka butuhkan cukup banyak, sehingga mau tidak mau untuk memenuhi kebutuhan ruang tersebut, maka para arsitek harus menggambar rumah tingkat 2 ataupun tingkat 3 untuk memenuhi kebutuhan ruang tersebut.

Ada beberapa hal penting anmun sederhana yang perlu diperhatikan dalam pembangunan suatu bangunan ataupun rumah bertingkat. Factor-faktor ini merupakan hal-hal pendukung yang penting bagi proses pembangunan rumah tingkat tersebut. Hal-hal tersebut antara lain:

  1. Pondasi

Pondasi merupakan bagian paling dasar bagi sebuah bangunan, termasuk juga dengan rumah. Pondasi untuk bangunan bertingkat dengan bagunan 1 lantai tentu saja berbeda karena itu kita harus memastikan bahwa pondasi tersebut kuat untuk menahan bangunan rumah bertingkat kita akar bangunan tersebut kokoh dan tidak mudah lapuk. Selain itu, jika ada kesalahan dalam penghitungan pondasi maka dikhawatirkan rumah tersebut akan ambles dan kemudian runtuh.

  1. Tangga

Gunakan jenis tangga yang sederhana saja agar tidak terlalu memakan tempat dan membuang luas area secara tidak perlu. Pastikan tangga tidak terlalu landai dan tidak terlalu curam. Pastikan tangga dibuat dengan bahan-bahan yang aman. Hindari bahan-bahan yang licin seperti keramik dan marmer, serta material yang musah lapuk seperti kayu. Pastikan pegangan tangga juga mudah dipegang dan tidak licin agar berfungsi secara optimal.

  1. Tinggi bangunan

Pertimbangkan dengan betul tentang perbandingan tinggi bangunan di lantai 2 dengan bangunan pada lantai 1. Jangan sampai tinggi ruang pada lantai 1 ternyata kurang tinggi. Selain menimbulkan kesan pengap juga dapat menimbulkan ruangan menjadi panas dan tidak nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *